Social Icons

.

Sabtu, 18 Mei 2013

Software Ini Membuat Belajar Lebih Mengasyikan!

Software Ini Membuat Belajar Lebih Mengasyikan!

Teknologi yang semakin berkembang pesat merambah di berbagai macam bidang salah satunya adalah di bidang pendidikan. Dulu untuk kegiatan belajar-mengajar hanya dapat mengandalkan buku namun sekarang belajar tidak hanya dari buku saja tetapi dapat pula mengandalkan teknologi, sebut saja gadget yang semakin canggih dengan berbagai fitur yang bisa memudahkan kita untuk menuntut ilmu.

 
Sebagian besar penggunaan gadget seperti Tablet PC, Smartphone dan perangkat canggih lainnya digunakan untuk berkomunikasi lewat dunia maya atau lebih dikenal dengan jejaring sosial. Namun beberapa orang belum menyadari jika software gadget memiliki aplikasi yang menunjang untuk kita belajar sebagai siswa di sekolah.

Penggunaan gadget haruslah dibekali aplikasi yang bermoral dan bermutu agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi si anak. Untuk itu, ada beberapa aplikasi untuk belajar anak sekolah yang terbukti mampu menunjang kebutuhan belajar mengajar di sekolah.

 
1.Evernote
Evernote merupakan software yang penyimpanan datanya menggunakan komputasi awan (cloud computing). Sinkronisasi dengan berbagai perangkat lain akan membuat catatan Anda mudah diakses kapan pun dan dimana pun.
Tak hanya mencatat teks, Evernote bisa digunakan untuk merekam segala aktivitas di setiap rapat, karena bisa merekam audio dan video, serta mengambil foto.
Kemampuan Evernote memang sangat membantu untuk merekam ide-ide besar. Evernote juga membuat Anda dapat menandai catatan Anak dengan masing-masing topik dan subjek yang diinginkan sehingga dapat dengan mudah ditemukan ketika anak sedang membutuhkan bahan pelajaran untuk persiapan ujian akhir.

 
2.Kindle
Kindle adalah aplikasi untuk membaca buku-buku favorit layaknya sebuah perpustakaan. Banyak buku-buku yang dapat ditemukan pada Kindle mulai dari buku cerita dan novel populer literatur Inggris hingga buku pelajaran. Aplikasi Kindle bisa untuk iPhone, iPod touch, iPad, Mac, PC, dan BlackBerry. Seperti aplikasi Kindle lainnya, Kindle for Android menawarkan teknologi Whispersync milik Amazon yang akan menyimpan dan mensinkronisasikan bookmark Anda.

 
3.Groupboard
Aplikasi ini merupakan semacam papan tulis online. Siswa dapat mengakses papan untuk keperluan tugas kelompok mereka dalam merencanakan proyek-proyeknya secara nyaman di rumah.
Siswa juga bahkan dapat meng-upload foto dan dokumen atau menggambar berbagai bentuk bebas hanya menggunakan sentuhan jari saja. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fungsi chatting sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan teman-teman secara real-time.
Tak hanya itu, aplikasi Android ini juga terintegrasi dengan operasi iOS dan berbagai versi web browser. Hal ini memungkinkan Anda dapat terhubung satu sama lain tanpa mempedulikan platform apa yang digunakan.

 
4.Flashcards ToGo
Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk mempelajari berbagai tanda atau rambu-rambu lalu lintas secara mudah. Selain itu, Flashcards ToGo juga membantu Anda menambahkan suara dan visual terhadap kartu sehingga akan membuat proses belajar dengan seru. Selain itu ada keunggulan lain untuk siswa seperti pembelajaran menggunakan pengulangan berkala untuk meninjau kartu di interval yang optimal, memungkinkan menggunakan foto sebagai kartu flash, mengintegrasikan Google translate dan masih banyak lagi keunggulan dari software ini.

 
5. Astrid
Astrid merupakan aplikasi to-do-list modern untuk membantu memetakan jadwal kegiatan pribadi dan akademik. Anda dapat menambahkan item ke daftar dengan menggunakan teks atau suara dan mengatur reminder jadwal secara rutin melalui kalender.
Aplikasi ini ideal bagi siswa yang sedang belajar mandiri dalam mengelola kegiatannya masing-masing.

 
6.Hi-Q MP3 Voice Recorder
Aplikasi ini merupakan aplikasi perekam suara yang dapat dijadikan pilihan Anda untuk merekam pelajaran yang diterangkan oleh guru/dosen. Tersedia ruang memori yang besar sehingga memungkinkan Anda merekam banyak bahan pengajaran.
Hi-Q MP3 Voice Recorder tersedia dalam dua versi yakni versi gratis dan berbayar. Perbedaannya adalah pada versi berbayar, maka Anda akan dapat merekam suara secara lebih jernih dengan 320-kbps bitrate.

 
7.Document Scanner
Dengan aplikasi ini, buku, surat kabar terbaru, dan jurnal akademik berada di tangan Anda. Document Scanner akan menggunakan kamera pada perangkat Anda untuk memindai dokumen. Kemudian akan menyimpannya sebagai PDF secara otomatis dan dapat disimpan melalui komputasi awan atau email.
Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk memilih ukuran halaman melalui fitur kompresi. Tak hanya sampai disitu, anda juga dapat menyesuaikan kebutuhan dokumen Anda.

Perlu diingat, aplikasi ini bebas biaya alias gratis jika anda menginginkan software ini. Ajaklah anak untuk menggunakan alat gadget dengan bertanggung jawab dan berikan aplikasi yang bersifat mendidik agar kelak tidak disalahgunakan oleh anak nantinya.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Berdiskusi disini untuk meningkatkan Mutu Pendidikan SMA Negeri 1 Kao Halmahera Utara

 

Malu Bertanya Sesat di Jalan

Malu Bertanya Sesat di Jalan

Followers